Blogroll

Senin, 10 Juni 2013

Konsepsi Retreat Pemuda Gereja 2013
Oleh
Komisi Pelayanan Kategorial Pemuda GMIM Jemaat Kalvari Kasuratan 


A.      Pendahuluan
Pemuda gereja adalah penentu masa depan gereja dan masyarakat. Pembinaan sejak masa muda sangat berperan penting dalam pembentukan karakter dan moralitas manusia di masa datang (masa dewasa). Setiap orang butuh tujuan hidup, dan Kristus adalah tujuan hidup yang sejati. Setiap orang juga butuh teladan, dan Kristus adalah Teladan yang sejati. Mengikut Kristus dari masa muda sangatlah penting, supaya sedikit demi sedikit manusia dibentuk dan diproses menjadi pribadi yang diinginkan Kristus. Namun perlu disadari bahwa pengenalan akan Kristus sebagai Tuhan & Juruselamat adalah hal yang mutlak perlu dilakukan sebelum seseorang dapat benar – benar berjalan dibelakang Kristus, mengikuti Dia. Salah satu metode dalam memperkenalkan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat adalah melalui camp penginjilan. Selanjutnya, pengenalan akan Kristus ini perlu difollow up dengan pengetahuan tentang cara hidup Kristus. Cara hidup Kristus yang dimaksud adalah cara hidup saling melayani. Dengan jelas Kristus mengamanatkan kepada kita (Matius 28 : 19 – 20) untuk melayani seluruh dunia; dimulai dari komunitas terkecil yakni keluarga sampai komunitas besar yakni gereja dan masyarakat. Pola pikir Kristus yang menjadi dasar pelayanan yakni mengasihi Allah dan mengasihi manusia (Matius 22:37-39) adalah landasan penting dalam melayani sesama. Alkitab juga memberi kesaksian bahwa Allah punya cara yang unik dalam memanggil seseorang mengenal dan mengikut dia. Allah memilih dan menemukan orang – orang yang tidak layak & tidak pantas. Seperti Nabi Yesaya, Allah tidak pernah melihat latarbelakangnya tetapi Allah mempercayai Dia dan memberikan hak istimewa untuk menjadi pelayanNya dengan rencana indah yang kemudian mengubahkan hidupNya. Lalu apa respons Nabi Yesaya atas panggilan tersebut? Maka sahutnya: "Ini aku, utuslah aku!"  (Yesaya 6:8). Hal – hal esensial inilah yang dianggap perlu dalam pembentukan karakter & moralitas pemuda. Pengenalan akan Kristus tidaklah lengkap tampa mengenal & melakukan pola hidup melayani seperti yang Kristus lakukan dan contohkan. Oleh karena itu kalau di tahun 2010 dan 2012 Retreat Pemuda Gereja (RPG) mengangkat tema sentral tentang pengenalan akan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat maka di tahun ini RPG mau mengangkat tema sentral yang melengkapi RPG – RPG sebelumnya yakni tentang pola hidup Kristus yakni pola hidup melayani.
B.       Tujuan Umum
Pemuda/i & remaja Kristen yang mengikuti RPG ini diharapkan mampu memahami dan menerapkan pola hidup melayani di masa kini dan di masa datang.
C.       Tujuan Khusus


1.       Meneguhkan kembali iman pemuda/i & remaja Kristen tentang betapa pentingnya pengenalan akan Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat (hidup baru) sebagai syarat mutlak dalam mengikut Kristus (melayani).
2.       Pemuda/i & remaja Kristen memahami bahwa semua orang percaya dipanggil untuk melayani.
3.       Pemuda/i & remaja Kristen memahami alasan – alasan penting mengapa kita diajak & dituntut untuk melayani.
4.       Pemuda/i & remaja Kristen memahami dasar – dasar penting dalam pelayanan yang diajarkan & diteladankan oleh Kristus sendiri.
5.       Pemuda/i & remaja Kristen memahami bahwa pelayanan merupakan jalan pembentukan karakter & moralitas Kristiani.
6.       Pemuda/i & remaja Kristen memahami aplikasi kongkrit tentang konteks pelayanan di dalam bidang – bidang kehidupan.
7.       Mempersiapkan kader – kader pelayanan di periode pelayanan yang baru.


D.      Sasaran
Sasaran kegiatan ini adalah
No.
Sasaran
Sifat
1.
Pemuda/i anggota sidi jemaat, alumni LKPG, mantan komisi/panitia/tim kerja
Wajib
2.
Pemuda/i anggota sidi jemaat
Wajib
3.
Alumni LKPG
Wajib
4.
Pemuda/i umum
Terundang
5.
Remaja usia 15 – 17 tahun
Terundang

E.       Tema

“Here am i, send me!”
(Yesaya 6:8)
Alasan mengangkat tema
Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Tuhan tidak menuntut apa – apa dari kita selain komitmen dan penyerahan diri yang utuh dalam pelayanan. Tuhan juga tidak melihat latar belakang dan masa lalu kita tetapi Tuhan rindu membentuk kita supaya menjadi pribadi yang baik di masa datang. Oleh karena itu proses pelayanan adalah proses yang membentuk seseorang menjadi seperti yang Tuhan inginkan. Setiap orang percaya dipanggil untuk masuk dalam proses ini apapun latarbelakangnya. Komitmen dan motivasi seperti inilah yang akan menjadi pondasi yang kuat dalam melewati proses yang Tuhan lakukan. Diharapkan bahwa seluruh peserta memiliki Komitmen dan motivasi yang sama ketika mengikuti kegiatan ini.


F.       Logo

Arti bentuk :
Salib berwarna merah melambangkan pelayanan yang sejati yang diteladankan oleh Kristus sendiri yakni mencurahkan darahNya bagi orang – orang berdosa.
Tulisan Retreat berwarna ungu menunjukan bentuk kegiatan yang berarti menarik diri dan merenungkan sesuatu. Perenungan yang dimaksud digambarkan melalui warna ungu yang melambangkan tujuan dari pelayanan adalah kemuliaan yang sejati sekalipun harus melalui jalan salib yang berat.
Tulisan Pemuda gereja 2013 menunjukkan sasaran dan tahun pelaksanaan kegiatan. Diberi warna putih karena mau melambangkan kekudusan yang harus terus diperjuangkan oleh pemuda gereja dalam 
melayani.
G.      Bentuk – bentuk kegiatan
1.       Ibadah & seremonial
2.       Retreat & perenungan pribadi
3.       Eksposisi tokoh Yesaya (panggilan dan pelayanannya)
4.       Pendalaman Alkitab  berkelompok
5.       Sharing pelayanan dan diskusi terarah
6.       Talkshow interaktif
7.       Permainan (games) tematis
H.      Rencana pelaksanaan
Dilaksanakan 3 hari 2 malam pada  8 – 10 Agustus 2013 (disaat libur nasional Idul Fitri)
I.        Pengorganisasian
Untuk mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan ini komisi pemuda dibantu oleh Tim Kerja yang diberi tugas melaksanakan hal – hal teknis menyakut kegiatan persiapan, pelaksanaan, pasca kegiatan RPG. Komisi pemuda berperan sebagai pengarah kegiatan yang bertugas mempersiapkan konsep acara sementara tim kerja menjadi pelaksananya. Tim kerja ini terdiri dari Tim inti dan 4 seksi penunjang yakni seksi acara, seksi perlengkapan dan dekorasi dan seksi sekretariat & dokumentasi, seksi usaha dana & konsumsi. Tim Inti terdiri dari 2 orang yakni koordinator dan sekretaris sementara seksi – seksi beranggotakan maksimal 3 orang. Tim Kerja ini ditetapkan oleh komisi pemuda atas sepengetahuan BPMJ melalui surat penunjukkan. Tim Kerja juga merupakan sasaran dalam kegiatan ini sehingga selain bertanggungjawab mempersiapakan dan melaksanakan kegiatan, tim kerja juga memiliki kewajiban yang sama dengan peserta untuk mengikuti kegiatan. Tim Kerja ini akan mempertanggungjawabkan seluruh hasil kegiatan kepada BPMJ melalui komisi pemuda sebagai bagian integral dari program pelayanan pemuda tahun 2013.

                                      Susunan  Tim Kerja Retreat Pemuda Gereja 2013

                                                    Koordinator          : Junita Manembu

                                                    Sekretaris              : Tommy Seroy

Seksi Acara
1.       Julio Maramis
2.       Margareth Muaja
Seksi Perlengkapan & Dekorasi
1.       Juniando Rurut
2.       Arnando Pangkong
3.       Handry Tiowo
Seksi Sekretariat & Dokumentasi
1.       Rixon Kamuh
2.       Sharon Muaja

Seksi Usaha Dana & Konsumsi
1.       Millitia Wowor
2.       Aprillia Muaja
3.       Tilda Togantu
 
J.        Penutup
Kiranya Roh Kudus akan senantiasa terus memperlengkapi setiap pribadi yang nantinya akan berperan serta dalam mewujudnyatakan kegiatan ini. Harapan kedepan bahwa semakin banyak pemuda/i Kristen yang berkarakter dan berpola hidup Kristus.

0 komentar

Posting Komentar